STAIN Al-Fatah Jayapura Gelar Wisuda Sarjana ke IX

STAIN Al-Fatah Jayapura Gelar Wisuda Sarjana ke IX

(Jayapura, 16 November 2017) –  Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura melaksanakan Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda IX dan Dies Natalies X di Aula LPTQ Kotaraja, 15 November 2017. Dalam laporannya, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura menyampaikan bahwa di era global saat ini, persaingan dunia kerja semakin ketat. Kompetisi itu membutuhkan personil-personil yang terampil pada bidang keahlian tertentu.

Ketua dan anggota senat serta Guru Besar menyanyikan Lagu Indonesia Raya pada acara Wisuda

Ketua dan anggota senat serta Guru Besar menyanyikan Lagu Indonesia Raya pada acara Wisuda

“Kami merespon kondisi semacam itu dengan memberikan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang yang dibutuhkan di dunia kerja,” ujar dia.
Ketua juga melaporkan bahwa saat ini kampus STAIN Al-Fatah Jayapura sedang bersiap menuju perubahan status menjadi Institut Agama Islam Negeri atau IAIN.
“Ijin prakarsa sudah keluar, untuk itu kami memohon doa dan dukungan segenap stakeholder dan Muspida agar proses ini segera terwujud,” ucapnya disambut aplause para undangan.
Untuk tahun akademik 2016/2017, STAIN Al-Fatah Jayapura mewisuda 58 mahasiswa yang berasal dari Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Jurusan Syariah dengan Prodi Akhwal Al Syakhsiyah dan Muamalah.
Pada bagian yang sama, Asisten Ahli Bidang Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Papua Drs. Simon Itlaay yang mewakili Gubernur menyatakan bangga terhadap lulusan STAIN Al-Fatah Jayapura.IMG-20171115-WA0021
“Apalagi tadi saya mendengar, Bapak Ketua mempunyai program untuk pembibitan dosen yang lahir dan besar di Papua yang dapat diprioritaskan mengabdi di STAIN Al-Fatah Jayapura,” ujarnya.
Menurut dia, hal ini menunjukkan salah satu keberpihakan lembaga terhadap dunia pendidikan di Papua.
“Karena dengan lahir dan besar di Papua, maka dia akan pasti memahami kondisi kultur dan kebiasaan di Papua,” tambahnya.
Dengan kondisi itu, ia berharap para pendidik nanti akan dapat mengembangkan pemikiran yang moderat dan menciptakan harmonisasi di antara banyak perbedaan yang ada di Papua.
Kegiatan wisuda STAIN Al-Fatah Jayapura ini juga dihadiri para undangan dari unsur Kanwil Kementerian Agama Papua dan Kota Jayapura, undangan dari TNI dan POLRI, serta unsur Muspida lainnya. (Her)

Share this post