LKBHI STAIN Al-Fatah Jayapura Gelar Praktek Peradilan Semu

LKBHI STAIN Al-Fatah Jayapura Gelar Praktek Peradilan Semu

(Jayapura,  28 September 2017) – Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam STAIN Al-Fatah Jayapura melaksanakan praktek Peradilan Semu bagi mahasiswa Jurusan Syariah, di Laboratorium Multimedia, 28 September 2017. Ketua panitia Praktek Peradilan Semua Hendra Y Rahman, M.HI mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan tambahan wawasan seputar dunia peradilan kepada para mahasiswa.

“Dengan cara praktek secara langsung, maka kita ajak adik-adik mahasiswa untuk merasakan bagaimana suasana di lapangan,” ujarnya. Hendra menambahkan, LKBHI menyiapkan narasumber-narasumber yang berkompeten pada kegiatan ini. “Ada dosen dari kampus, advokat di Jayapura, dan juga pemateri dari Bank Syariah di kota Jayapura,” sambungnya.

Pembukaan Praktek Peradilan Semu

Pembukaan Praktek Peradilan Semu

Pada sesi acara sambutan, Ketua LKBHI STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. Eko Siswanto, M.HI menegaskan bahwa materi yang disajikan adalah materi yang berhubungan langsung dengan praktek di dunia kerja.

“Misalnya ada materi tentang  penyelesaian sengketa arbitrase yang akan disampaikan Branch Manager Area BSM Jayapura Bapak Deni Dwi Arifendi,” katanya.

Ia menerangkan, kegiatan yang diikuti mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Islam, Akhwalu Syaksiyah,dan Hukum Tata Negara ini diharapkan dapat memberi penguatan pengetahuan kepada para pesertanya.

“Kegiatan seperti ini diharapkan akan terus berkelanjutan dan memberi sisi keilmuwan yang positif kepada para mahasiswa,” terangnya. Eko juga berharap agar Unit LKBHI STAIN Al-Fatah Jayapura segera mendapat akreditasi dari Mahkamah Agung.

“Dari sisi SDM kami sudah mencukupi, di mana diantara syaratnya adalah memiliki minimal dua advokat. Karena itu kami meminta dukungan kepada lembaga dan berbagai pihak agar cepat mendapatkan akreditasi untuk melayani konsultasi dan bantuan hukum kepada masyarakat,” harapnya.

Pada bagian yang sama, Wakil Ketua I Dahlan Sain, S.Ag, MM, mewakili Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura menyampaikan bahwa praktek Peradilan Semu sangat penting bagi mahasiswa Jurusan Syariah. “Di sinilah kalian akan mengerjakan dan menerapkan teori-teori maupun konsep yang sudah kalian pelajari sejak semester awal,” terangnya.

Maka, lanjutnya, mahasiswa harus memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai bekal terjun di masyarakat kelak. “Silahkan menimba ilmu semaksimal mungkin dari para pemateri yang sudah cukup berpengalaman di bidang kerjanya masing-masing,” pesannya.

Kegiatan Pembukaan Praktek Peradilan Semu ini diikuti 55 mahasiswa dan dihadiri jajaran pimpinan unit di lingkungan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post