Bersaing Dalam Kemajuan Peradaban Perlu Kemampuan Bahasa Asing

Bersaing Dalam Kemajuan Peradaban Perlu Kemampuan Bahasa Asing

(Jayapura,  22 September 2017) – Persaingan kerja dalam kemajuan peradaban memerlukan kemampuan berbahasa asing. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menyampaikan hal ini dalam pembukaan Kegiatan Praktikum Intensifikasi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk Mahasiswa STAIN Al-Fatah Jayapura di Aula kampus, Jumat 22 September 2017.

“Kita harus menyiapkan generasi muda yang tangguh, yang kuat dalam peradaban modern saat ini, di mana salah satunya dengan kemampuan berbahasa asing yang baik,” ujarnya.

Suasana Pembukaan Kegiatan

Suasana Pembukaan Kegiatan

Menurut Ketua, dengan ketrampilan berbahasa asing, maka akan menjadi bekal yang kuat untuk melaksanakan berbagai kegiatan positif di tengah masyarakat yang majemuk.

“Jangan sampai kita terkena imbas hal-hal yang negatif hanya karena tidak mengerti kosa kata bahasa asing,” sambungnya.

Banyaknya peredaran penyalahgunaan narkoba, menurut Ketua, sedikit banyak juga disebabkan oleh kurangnya wawasan atau ilmu pengetahuan generasi muda tentang kemajuan dunia luar.

“Nah untuk tahu dan mengantisipasi hal-hal seperti itu, maka mutlak kita harus mampu berbahasa asing,” tegasnya.

Kampus STAIN Al-Fatah Jayapura, kata Ketua, akan mengupayakan berbagai program magang ke luar negeri bagi mahasiswa yang terbukti nyata memiliki prestasi dalam kemampuan berbahasa Arab maupun bahasa Inggris.

Pada bagian yang sama, Ketua Panitia Praktikum Intensifikasi Bahasa Inggris dan Bahasa Arab H. Moh. Wahib, Lc, MA, mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai literatur Arab dan Inggris.

Ketua STAIN Al-Fatah

Ketua STAIN Al-Fatah

“Hal ini nantinya sangat berguna bagi kelanjutan studi mahasiswa itu sendiri, seperti proses pembuatan makalah maupun riset dan kegiatan lain,” paparnya.

Kegiatan yang diikuti delapanpuluh mahasiswa ini akan berlangsung selama tiga hari dengan narasumber dosen bahasa asing dari kampus STAIN Al-Fatah Jayapura. Pembukaan yang berlangsung di Aula Kampus ini dihadiri seluruh pejabat dan kepala unit STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post