PKL Mahasiswa Tidak Sekedar Penerapan Teori Kuliah

PKL Mahasiswa Tidak Sekedar Penerapan Teori Kuliah

(Jayapura, 18 Agustus 2017) –  Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa tidak sekedar penerapan teori dalam kuliah tetapi merupakan penerapan dari ilmu yang telah dipelajari di dunia nyata. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menyatakan hal ini dalam pembekalan PKL Mahasiswa Jurusan Syariah 18 Agustus 2017 di Laboratorium Multimedia.

“Ingat, apa yang sudah adik-adik pelajari sejak semester pertama menginjak bangku kuliah ini, saat inilah akan anda terapkan prakteknya di dunia kerja,” ujar Ketua.

Ketua STAIN Al-Fatah Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si

Ketua STAIN Al-Fatah Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si

Menurutnya, matakuliah PKL adalah implementasi dari nilai-nilai akademik mahasiswa selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

“Anda akan menemui suasana baru di tempat kerja yang sesungguhnya, segeralah beradaptasi dengan cepat,” pesan Ketua.

Kata Ketua, ada beberapa lembaga yang sudah bekerjasama dengan kampus STAIN Al-Fatah Jayapura dalam penempatan mahasiswa PKL. Salah satu diantaranya adalah Lembaga Pengadilan Tinggi Agama Kota Jayapura. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua PTA Abdul Rozak hadir sebagai pemateri yang memberikan pembekalan kepada para mahasiswa.

Pada bagian akhir pembekalan PKL, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura meminta agar para mahasiswa menjalankan kegiatan PKL dengan sungguh-sungguh dan disiplin.

IMG_2728

“Ingat, setiap matakuliah yang sudah anda jalani akan diinput masuk dalam database nasional bernama PDPT atau Pangkalan Data Perguruan Tinggi, dari situlah nanti akan dilihat mana yang sudah diikuti dan belum. Dan ini akan menjadi penentu keluar tidaknya ijazah kalian pada akhir kuliah nanti,” tegas Ketua.

Ia meminta para mahasiswa memberikan kemampuan terbaiknya dalam kegiatan PKL di perusahaan atau kantor yang telah ditentukan.

Ketua Panitia PKL Mahasiswa Jurusan Syariah Sugimin, M.HI mengatakan, PKL diikuti 32 mahasiswa dari Prodi Muamalah dan Prodi Akhwalu Syakhsiyah, yang akan ditempatkan di 10 kantor atau perusahaan yang telah bekerjasama dengan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post