STAIN Al-Fatah Jayapura Gelar Wisuda Sarjana ke VIII

STAIN Al-Fatah Jayapura Gelar Wisuda Sarjana ke VIII

(Jayapura, 3 Oktober 2016) – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura menggelar Wisuda Sarjana VIII dan Dies Natalies IX Tahun Akademik 2015/2016 di Aula LPTQ Kotaraja, Jayapura, Sabtu 1 Oktober 2016. Dalam sambutannya di hadapan tujuhpuluh lima wisudawan dan wisudawati, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan bahwa sebagaimana Keputusan Menteri Agama RI, gelar sarjana untuk wsiudawan STAIN Al-Fatah Jayapura disamakan secara umum dalam bingkai pendidikan nasional.

Guru besar dan anggota senat memasuki ruang wisuda

Guru besar dan anggota senat memasuki ruang wisuda

“Jadi untuk Jurusan Syariah akan bergelar Sarjana Hukum, sedangkan Jurusan Tarbiyah bergelar Sarjana Pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, STAIN Al-Fatah Jayapura juga mendapatkan bagian dari program afirmasi 5000 doktor secara nasional.

“Sehingga insha Allah pada tahun 2020 seluruh dosen kami sudah bergelar Doktor atau Strata 3,” urainya disambut aplaus tamu undangan.

Dengan adanya berbagai sumber daya yang sudah memadai, lanjut Ketua, diharapkan ke depan perguruan tinggi keagamaan akan memberikan kontribusi nyata yang positif dalam berbagai pengabdian di masyarakat.

Dalam pembacaan penetapan SK wisuda, Ketua Jurusan Syariah Amirullah, S.Ag, M.Ag, mengatakan, Jurusan Syariah mewisuda 12 mahasiswa dari Program Studi Akhwalu Syakhsiyah dan Program Studi Muamalah. Fresti Setiawati dengan IPK 3,71 tercatat sebagai wisudawan dengan IPK tertinggi dari Jurusan Syariah. Sementara itu, Ketua Jurusan Tarbiyah H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd, menjelaskan bahwa Jurusan Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Agama Islam mewisuda 63 mahasiswa. Mahasiswa atas nama Enuh dan Yufita mendapatkan IPK terbaik dengan nilai 3,62.

Rosina Upessy

Rosina Upessy

Pada bagian yang sama, Staf Ahli Gubernur Papua Rosina Upessy yang mewakili Gubernur, menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi berharap para lulusan STAIN Al-Fatah Jayapura dapat mengembangkan sisi kreatifitas dari disiplin ilmunya, agar bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan negara, khususnya dapat mensukseskan program pemerintah di Tanah Papua.

“Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan, semoga hari ini menjadi hari yang bersejarah bagi kehidupan adik-adik semua,” katanya.

Kegiatan wisuda sarjana ini dihadiri ratusan undangan orang tua wisudawan, para pejabat Forkompimda, dan civitas akademik STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post