PKL Diharapkan Beri Pengalaman Praktis ke Mahasiswa

PKL Diharapkan Beri Pengalaman Praktis ke Mahasiswa

(Jayapura, 15 September 2016) – Penempatan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di berbagai instansi diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa. Ketua Panitia PKL Mahasiswa Prodi Syariah STAIN Al-Fatah Jayapura 2016 H. Baitur Rohman, SH, M.Hum menegaskan hal ini dalam arahan kepada mahasiswa pada kegiatan Pembekalan PKL di Rektorat kampus, Kamis 15 September 2016.

M Dahlan Sain didampingi H Baitur Rohman

M Dahlan Sain didampingi H Baitur Rohman

“Pengalaman praktis misalnya tentang aplikasi kepenghuluan di KUA dan praktek beracara perdata di Pengadilan Agama,” ujarnya.

Sedangkan untuk Prodi Muamalah, PKL diharapkan memberikan pengalaman praktis tentang aplikasi perbankan syariah, pegadaian syariah, dan lembaga asuransi baik yang bersifat praktik maupun pengamatan.

Kegiatan pembekalan yang digelar selama dua hari ini menghadirkan pemateri dari berbagai instansi seperti KUA, Pengadilan Agama, dan Bank Muamalat.

“Mahasiswa peserta PKL dari tanggal 19 September sampai 19 Desember 2016 akan ditempatkan di PA Kota Jayapura, KUA Distrik Heram, KUA Abepura, BMI Cabang Jayapura, BMI Unit Kotaraja, BSM Entrop, Pegadaian Syariah Youtefa, Pegadaian Syariah Perumnas I dan Asuransi Jiwasraya,” tambahnya.

Pada bagian yang sama, Wakil Ketua I M. Dahlan Sain, S.Ag, MM mewakili Ketua menyampaikan bahwa kegiatan PKL harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Ia meminta mahasiswa menunjukkan kemampuan dari pengetahuan yang sudah didapat selama ini.

“Ada 39 mahasiswa, dari Prodi Akhwalu AsSyakhsiyah sebanyak 14 orang dan Prodi Muamalah 25 orang,” kata Waket I.

Ia menambahkan, bentuk PKL bisa berupa latihan keterampilan kerja, kerja praktik, maupun simulasi yang dirangkum dalam sistem pemagangan.

“Ini semua untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas adik-adik dalam persiapan di dunia kerja nanti,” urainya.

Kegiatan Pembukaan Pembekalan PKL ini dihadiri unsur dosen dan pejabat di lingkungan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post