PKL Merupakan Matakuliah Wajib bagi Mahasiswa

PKL Merupakan Matakuliah Wajib bagi Mahasiswa

(Jayapura, 1 September 2016) – Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan matakuliah wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura M. Dahlan Sain, S.Ag, MM, menegaskan hal ini dalam arahannya kepada puluhan mahasiswa calon peserta PKL pada acara Rapat Persiapan PKL Jurusan Syariah di Ruang Rapat Rektorat Kampus, Kamis 1 September 2016.

“Apalagi bagi kalian yang sudah masuk semester VII, maka harus segera mengurus berbagai persyaratan untuk dapat mengikuti PKL,” terangnya.

Sahudi, M Dahlan Sain, dan Baitur Rohman

Sahudi, M Dahlan Sain, dan Baitur Rohman

Dahlan menambahkan, ada beberapa kriteria atau persyaratan untuk mengikuti PKL, diantaranya; mahasiswa harus sudah menempuh 120 SKS dan sudah menempuh matakuliah wajib. “Contohnya, kalau di Tarbiyah, matakuliah wajibnya adalah Strategi Pembelajaran, demikian juga dengan jurusan lain pasti ada matakuliah wajibnya yang harus ditempuh dulu,” katanya.

Meskipun demikian, jika terlalu banyak matakuliah yang belum ditempuh, maka mahasiswa yang bersangkutan juga tidak dapat mengikuti PKL.

“Pengalaman tahun lalu, ada mahasiswa yang kurang sampai duapuluh matakuliah, tentu ini belum diperbolehkan ambil PKL,” terang Dahlan. Ia meminta kepada mahasiswa agar segera melengkapi berkas dan persyaratan agar bisa menempuh matakuliah PKL.

Pada bagian yang sama, Ketua Panitia PKL H. Baitur Rohman, SH, M.Hum, didampingi Sekretaris Panitia Sahudi, M.Pdi, M.HI, menjelaskan bahwa para mahasiswa Jurusan Syariah akan ditempatkan di berbagai lembaga seperti Kantor Urusan Agama (KUA), Pengadilan Agama, Pengadilan Tinggi Agama, Perbankan berbasis syariah, ataupun Pegadaian Syariah.

“Namun demikian tentu kami akan melakukan survey dulu untuk melihat kemungkinan penempatan tersebut,” urainya.

Calon Peserta PKL

Calon Peserta PKL

Ia berpesan kepada mahasiswa agar senantiasa berkomunikasi dengan panitia dalam rangka persiapan pelaksanaan PKL. “Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada proses administrasi yang terlewati di bagian akademik,” jelasnya.

PKL mahasiswa jurusan Syariah STAIN Al-Fatah Jayapura direncanakan akan berlangsung dari tanggal 19 September 2016 hingga 19 Desember 2016. Kegiatan rapat persiapan PKL ini diikuti 30 mahasiswa Prodi Akhwalu Al-Syakhsiyah dan Prodi Muamalah. (Her)

Share this post