Mahasiswa harus Mampu Membaca Al-Quran dengan Lancar

Mahasiswa harus Mampu Membaca Al-Quran dengan Lancar

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Setiap mahasiswa lulusan STAIN Al-Fatah Jayapura wajib dapat membaca Al-Quran dengan lancar. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam sambutan Pembukaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Pengajar Al-Quran Profesional bagi Mahasiswa yang diselenggarakan Pusat Kajian Al-Quran dan Sains (PKAS).

“Ini pelatihan bagi mahasiswa yang nantinya diharapkan bisa menjadi instruktur bagi mahasiswa lain maupun pihak lain,” ujar Ketua.

Menurut Ketua, pelatihan ini tidak hanya untuk mahasiswa yang tinggal di asrama kampus, tetapi juga untuk seluruh mahasiswa yang memiliki potensi untuk menjadi instruktur bagi teman sejawatnya.

“Nanti akan kita seleksi dari seluruh semester dan semua program studi,” tambah Ketua.

Suasana pembukaan

Suasana pembukaan

Dengan adanya pendidikan dan pelatihan ini, Ketua STAIN berharap agar setiap mahasiswa nantinya mampu menunjukkan kualitas terbaik di tengah masyarakat.

“Jangan sampai, nanti ketika PPL di sekolah, disuruh mengajar ilmu Hadist tetapi melafadzkan bacaannya saja terputus-putus,” tambahnya.

Untuk itulah, ia meminta maha

siswa dan panitia penyelenggara melaksanakan kegiatan ini dengan sepenuh hati. Pimpinan juga akan memberikan semacam surat keterangan bahwa mahasiswa diperbolehkan melaksanakan program KKN setelah mampu membaca Al-Quran dengan lancar.

Pada bagian yang sama, Kepala PKAS Dr. M. Anang Firdaus, S.Ag, M.Fil.I menambahkan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendidik mahasiswa agar bisa mendidik tenaga guru dalam memberantas buta huruf Al-Quran.

“Jadi memang ini sifatnya pelatihan untuk orang yang akan menjadi pendidik atau instruktur, semacam training of trainer,” jelasnya.

Peserta kegiatan ini sebanyak 110 mahasiswa yang diseleksi dari semua jurusan dan seluruh semester.

“Nanti akan dibagi tiga kelas untuk membuat kegiatan lebih fokus,” tuturnya.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri seluruh unsur pimpinan dan dosen di lingkup STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post