STAIN Al-Fatah Gelar Seminar Transformasi Agama dan Budaya

STAIN Al-Fatah Gelar Seminar Transformasi Agama dan Budaya

(STAIN Al-Fatah Jayapura) UPT Pusat Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STAIN Al-Fatah Jayapura menyelenggarakan Seminar Transformasi Agama dan Budaya di Hotel Sahid, Entrop Jayapura, 22 September 2015. Dalam sambutannya, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengatakan, saat ini diperlukan pemikiran yang jernih dari seluruh pemangku kepentingan untuk menyelesaikan masalah di Papua.

“Beberapa konflik yang terjadi di grass root, sebenarnya berakar dari pemahaman budaya yang kurang tepat antar kelompok satu dengan yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, penanganan konfliknya juga kurang memperhatikan akar budaya setempat.

“Coba kita perhatikan, beberIMG_7873apa tokoh-tokoh atau pemimpin yang mestinya menyelesaikan masalah di daerahnya, ternyata lebih banyak berada di kota daripada di tempat tinggalnya,” tambah Ketua.

Berangkat dari kondisi ini, STAIN Al-Fatah Jayapura berkeinginan membuat program-program yang lebih memberikan dampak langsung kepada masyarakat akar rumput.

“Maka tahun 2016, semoga ada kebijakan anggaran yang berubah untuk P3M sehingga dampaknya akan terasa langsung di masyarakat,” lanjut Ketua.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Suparto Iribaram, S.Sos, MA menjelaskan bahwa peserta seminar sebanyak empatpuluh orang yang terdiri dari unsur cendekiawan perguruan tinggi, para pekerja sosial atau LSM, dan dari unsur pemerintah.

“Tujuan seminar ini agar kita mendapatkan pemikiran-pemikiran positif terkait persoalan yang selama ini terjadi di Papua,” katanya.

Menurut Suparto, pemikiran posiitf harus dikembangkan dari kalangan akademik, maupun pada level praktisi di lapangan untuk mendapatkan solusi cerdas yang aplikatif dalam menyelesaikan konflik.

Beberapa narasumber yang hadir diantaranya Akademisi ternama dari Universitas Gajah Mada Profesor Dr. Irwan Abdullah, Dr Mansur dari Kesbang Pemprov Papua, Cendekiawan dari Universitas Cenderawasih, dan Praktisi LSM Ilalang Hardin Halidin.

Selain peserta dari luar, seminar ini juga dihadiri puluhan mahasiswa STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post