Danrem 172 Berikan Kuliah Umum di STAIN Al-Fatah

Danrem 172 Berikan Kuliah Umum di STAIN Al-Fatah

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Komandan KOREM 172/PWY Kolonel Inf. Sugiyono menyampaikan Kuliah Umum di hadapan ratusan mahasiswa STAIN Al-Fatah Jayapura, Senin 14 September 2015. Kuliah Umum yang mengambil tema “Peran Pemuda dalam Menghadapi Proxy War’ ini, menyajikan berbagai slide yang memberi semangat dan jiwa nasionalisme kepada mahasiswa.

Dalam paparannya, Danrem mengingatkan kepadaIMG_7719 generasi muda bahwa ancaman nyata perang proxy sudah berlangsung dan tanpa kita sadari.

 

“Proxy war ini bisa diartikan perang tapi tidak berhadap-hadapan secara langsung, jadi perang ini memanfaatkan pihak ketiga,” ujar Danrem.

Pihak ketiga yang dimaksud, lanjutnya, tidak hanya berbentuk negara, tapi juga teknologi, gaya hidup, dan berbagai hal lain yang secara tidak disadari akan merusak jiwa nasionalisme generasi muda. “Anak jaman sekarang mulai individualis, ini karena kehadiran teknologi informasi, jadi semua sibuk dengan HP masing-masing, melupakan semangat gotong royong, ini secara tidak kita sadari sebenarnya bisa menjadi alat merusak kesatuan dan persatuan bangsa,” katanya.

Namun, ia menegaskan, bahwa generasi muda sekarang terbukti memang lebih cerdas dan pintar dalam menghadapi kemajuan jaman.

“Ya di pundak adik-adik mahasiswa inilah kami nanti akan menggantungkan harapan,” jelas Danrem.

Ia meminta agar kita meningkatkan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menyampaikan terimakasih kepada Danrem yang telah meluangkan waktu untuk memberi ilmu kepada mahasiswa dan segenap sivitas akademik.

IMG_7655

“Kampus ini diisi oleh anak-anak muda yang penuh kreativitas dan ide-ide, nah itu harus diberikan arahan agar jangan sampai melenceng ke arah-arah yang negatif,” terang Ketua.

Ia mencontohkan banyaknya anak-anak muda yang terjebak dalam pesta narkoba dan balapan liar.

“Hal ini harus diantisipasi agar tidak menular ke tempat lain,” jelasnya.

Ketua menginginkan agar ada kegiatan positif yang diciptakan mahasiswa untuk menjaga rasa persaudaraan dan kebersamaan. “Kami berharap, ke depan dapat melanjutkan dalam bentuk kerjasama yang lain dengan Bapak Danrem,” tutup Ketua.

Kuliah umum ini juga dihadiri seluruh pejabat di lingkungan STAIN Al-Fatah Jayapura.  (Her)

Share this post