Senam Jantung Sehat Mampu Membentuk Jiwa Sportif

Senam Jantung Sehat Mampu Membentuk Jiwa Sportif

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Olahraga senam merupakan salah satu upaya membentuk jiwa sportif di kalangan pegawai. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengatakan hal ini di sela-sela aktifitas senam jantung sehat yang digelar di Halaman Rektorat, Jumat pagi, 28 Agustus 2015.

“Dengan sportivitas, maka akan berdampak positif di saat diterapkan di rutinitas kerja sehari-hari,” ujarnya.

Menurut Ketua, sudah ada edaran tentang kegiatan senam jantung sehat. Maka seyogyanya, setiap pegawai harus mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan.

IMG_7051

“Lihatlah manfaatnya, baru 30 menit saja, semua sudah tampak langsing,” canda Ketua di hadapan puluhan pegawai dan dosen.

Instruktur senam jantung sehat, Bapak Arif mengatakan, senam ini penting untuk mempertahankan kesehatan fisik di usia muda.

“Sedangkan bagi yang sudah usia 40 tahun ke atas, ini penting untuk membakar kalori dan lemak, menghindari dampak penyakit-penyakit lain,” tambahnya.

Ia mengharapkan, senam ini dilaksanakan dengan rutin seperti dua kali dalam seminggu.

“Jika bisa rutin, maka tidak hanya senam jantung sehat, tapi nanti juga ada senam untuk diabetes, mungkin senam poco-poco, dan senam lainnya,” jelasnya.

Ia menginginkan agar saat senam berikutnya, para peserta lebih aktif dalam bergerak agar mendapat hasil yang maksimal.

“Jangan malu-malu memutar anggota badan, nanti gerakan tidak sempurna,” pesannya.

Dari pantauan, senam yang berlangsung sekitar 60 menit ini mampu menciptakan kegembiraan di kalangan pegawai yang mengikuti. Diiringi dengan beat musik yang menghentak, membuat gerakan-gerakan senam menghasilkan keringat sehat bagi peserta senam.

“Lebih baik senam begini daripada diskusi batu akik,” kelakar seorang pegawai.

Senam jantung sehat diikuti unsur pimpinan, pegawai dari semua Subag, dan Satuan Pengaman Kampus. (Her)

Share this post