STAIN Al-Fatah Jayapura dan RRI Pro-4 Gelar Program “Gema Ramadhan”

STAIN Al-Fatah Jayapura dan RRI Pro-4 Gelar Program “Gema Ramadhan”

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Pro-4 Jayapura menggelar program “Gema Ramadhan” selama bulan Ramadhan 1436 H. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengatakan, program ini bertujuan memberikan pencerahan bagi masyarakat di Kota Jayapura dan kabupaten lain di Papua tentang Islam yang rahmatan lil alamin atau memberi rahmat bagi seluruh alam (masyarakat).

“Kami berkeinginan untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana menyikapi berbagai fenomena yang tengah terjadi di masyarakat dari sudut pandang yang baik, ini untuk menjadikan kebaikan bagi hubungan dengan sesama manusia, siapapun itu yang tinggal di Papua ini,” ujar Ketua di ruang kerjanya, Kamis 18 Juni 2015.

Format acara Gema Ramadhan ini adalah dialog interaktif yang disiarkan secara langung (on-air) di RRI Pro 4 Jayapura pada frekuensi 89,3 FM.

“Jadi, pendengar bisa menyimak RRI Pro-4 mulai jam empat sore waktu Papua, sampai menjelang maghrib atau saat buka puasa,” ujar Ketua.

Tidak hanya mendengar paparan dari narasumber, tetapi pendengar juga dapat berdialog atau bertanya jawab secara langsung (live) kepada narasumber di studio melalui telepon.

“Silahkan manfaatkan program ini untuk mencari tahu dan berbagai wawasan tentang Islam,” tambah Ketua.

Ia menjelaskan, banyak topik yang akan diangkat selama 30 hari bulan Ramadhan diantaranya “Memahami Fenomena Keragaman dalam Beribadah”, “Islam dan Kearifan Lokal di Papua”, “Islam Indonesia, Wujud Rahmat Nyata di Papua”, dan tema-tema yang lain.

“Tapi tidak terbatas pada topik yang dibawakan saat itu, pendengar juga bisa bertanya tentang hal-hal lain seputar syariah, fiqh, soal puasa itu sendiri, konsultasi soal keluarga sakinah, dan lain-lain,” urai Ketua.

Program yang direncanakan berlangsung selama sebulan penuh ini akan diisi narasumber dosen-dosen Syariah dan Tarbiyah STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post