Calon Mahasiswa Baru Harus Paham Kekayaan Indonesia

Calon Mahasiswa Baru Harus Paham Kekayaan Indonesia

(Jayapura,  20 Agustus 2018) – Calon mahasiswa baru harus mempunyai pemahaman yang benar tentang kekayaan yang dimiliki bangsa dan negara Indonesia. Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) T.A. 2018/2019 di Gedung Kuliah Terpadu, 20 Agustus 2018.rek

“Calon mahasiswa baru harus punya semangat cinta tanah air, dari Sabang sampai Merauke,” ujar Rektor.

Menurutnya, saat ini generasi milenial banyak yang belum paham tentang luasnya Indonesia.

“Ada riset yang menunjukkan bahwa sebagian anak-anak didik kita tidak tahu bahwa pulau-pulau di Indonesia itu terbentang hingga Maluku dan Papua, jadi mereka tahunya hanya wilayah Sumatera, Jawa, dan Sulawesi,” ucapnya.

Rektor meminta kepada Panitia kegiatan PBAK agar menanamkan wawasan tentang luasnya wilayah Indonesia dan kekayaan yang terkandung di dalamnya kepada calon mahasiswa baru.

H. Talabudin Umkabu, M.Pd

H. Talabudin Umkabu, M.Pd

“Kekayaan ini tidak hanya sumber daya alam, tapi juga sumber daya manusia yang terdiri dari beragam suku dan bahasa,” tambahnya.

Dengan kondisi tersebut, Rektor meminta mahasiswa baru memiliki semangat bangga dan cinta kepada tanah air Indonesia.

Pada bagian yang sama, Wakil Rektor III H. Talabudin Umkabu, M.Pd selaku Penanggungjawab kegiatan tersebut melaporkan, kegiatan PBAK merupakan wujud pengembangan budaya akademik yang berpangkal pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni, pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“PBAK merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa dan menjadi persyaratan penyelesaian studi serta persyaratan menjadi pengurus lembaga kemahasiswaan,” tuturnya.

Materi dalam PBAK, lanjutnya, akan diisi seputar pemahaman struktur kelembagaan dan administrasi IAIN Fattahul Muluk Papua, Pengembangan Potensi Mahasiswa dan Pengenalan Beasiswa, Pengembangan mahasiswa di bidang penelitian, Profil Jurusan, Implementasi Kurikulum dan Model belajar SKS Jurusan/Prodi, serta materi-materi akademik lain.

PBAK yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti lebih dari tigaratus calon mahasiswa baru. Pembukaan kegiatan PBAK tersebut dihadiri seluruh jajaran pejabat struktural dan Ketua Jurusan di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her).

Share this post