Anggota ULP dan LPSE Harus Selalu Mengikuti Pembaharuan Aplikasi

Anggota ULP dan LPSE Harus Selalu Mengikuti Pembaharuan Aplikasi

(Jayapura,  25 Juli 2018) – Anggota Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) harus selalu mengikuti perkembangan pembaharuan aplikasi pengadaan. Wakil Rektor II IAIN Fattahul Muluk Papua Dahlan Sain, S.Ag, MM, menegaskan hal ini dalam sambutannya mewakili Rektor pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas SDM Pengelola Pengadaan Barang/Jasa di kampus, 25 Juli 2018.

“Sebagaimana yang kita tahu, aplikasi ini selalu diperbaharui dari tahun ke tahun. Untuk itu setiap anggota ULP dan LPSE wajib mendapatkan informasi terbaru agar pelaksanaan pengadaan atau pelelangan berjalan lancar,” ujarnya.

Suasana tanya jawab Bimtek

Suasana tanya jawab Bimtek

Ia meminta agar panitia rutin menjalin komunikasi dengan berbagai pihak terkait, agar selalu mendapatkan arahan dan petunjuk teknis dalam menjalankan aplikasi SPSE.

“Karena jika kita tidak ikut memperbaharui aplikasi, maka kita tidak bisa melanjutkan tahapan pembangunan, dimana semua ini sekarang harus melalui sistem yang diupdate terus menerus,” tambahnya.

Dahlan menjelaskan, dengan mengikuti Bimtek seperti ini, maka para anggota ULP dan LPSE akan mendapatkan pengalaman berharga dalam menjalankan aplikasi online. Selain itu, sambungnya, semua pihak wajib mengetahui regulasi atau aturan terbaru tentang sistem yang digunakan dalam pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah.

“Orang bilang ini jaman now, maka segala sesuatu yang diperbaharui dari pusat, ya kita harus ikuti sesuai ketentuan yang sudah dijalankan,” urainya.

 

Pada bagian yang sama, Ketua Panitia Bimtek Purnomo, S.Ag, MM, mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memastikan bahwa kegiatan pengadaan secara elektronik di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua dilakukan secara baik dan benar.

“Selain itu, agar pejabat pengadaan memahami regulasi dan dapat segera mempercepat proses pengadaan barang dan jasa,” lanjutnya.

Kegiatan ini akan membahas seputar Perpres Nomor 16 Tahun 2018 dan Perlem LKPP Nomor 9 Tahun 2018.

“Kemudian juga praktik penggunaan aplikasi SPSE versi 4.2,” terangnya.

Bimtek yang menghadirkan pemateri dari UPT LPSE Provinsi Papua ini berlangsung selama dua hari dan diikuti 30 peserta di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua.

Acara pembukaan Bimtek juga dihadiri unsur pejabat dan civitas akademik terkait. (Her).

Share this post