Papua Tuan Rumah FGD Forum Warek II PTKIN Se-Indonesia

Papua Tuan Rumah FGD Forum Warek II PTKIN Se-Indonesia

(Jayapura, 18 Juli 2018) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua bertindak sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Forum Wakil Rektor II / Wakil Ketua II Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu hotel di Jayapura ini berlangsung selama empat hari dari tanggal 18 hingga 21 Juli 2018.

Dr. Hj. Zumrotul Mukaffa bersama H. Musa Rumbaru, SH, MH

Dr. Hj. Zumrotul Mukaffa bersama H. Musa Rumbaru, SH, MH

Mewakili Rektor, Wakil Rekor II IAIN Fattahul Muluk Papua H. Musa Rumbaru, SH, MH, dalam sambutannya menekankan pentingnya para pimpinan perguruan tinggi di wilayah Indonesia barat dan tengah untuk mengetahui kondisi sumber daya di wilayah timur, khsususnya di Papua.

“Kondisi sumber daya manusia dalam hal pendidikan maupun pelayanan kepada negara bisa jadi berbeda dengan wilayah lain, karena itu penting bagi kita untuk bisa memahami kondisi secara keseluruhan daerah sebelum membuat sebuah kebijakan secara nasional,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, lanjutnya, peserta akan bersama-sama membahas draft peraturan tentang pengelolaan SDM yang meliputi tunjangan kinerja, regulasi seputar remunerasi, dan beberapa hal lain.

Pada bagian yang sama, Ketua Forum Dr. Hj. Zumrotul Mukaffa mengatakan bahwa pihaknya dapat merasakan segala kesulitan yang dirasakan perguruan tinggi di wilayah ujung timur.

“Setelah kami sampai di Jayapura, kiranya kami dapat memahami kesulitan yang dialami PTKIN disini dalam mengembangkan SDM maupun kualitas pendidikan secara umum,” ujarnya.

Dengan kegiatan ini, sambungnya, setidaknya para peserta dapat mengerti tentang kondisi Indonesia seutuhnya dari Aceh hingga Papua. Dengan begitu, maka diharapkan ada data dan referensi yang lengkap untuk menyusun rancangan peraturan atau PMA seputar pengelolaan tunjangan kinerja bagi aparatur sipil negara yang bertugas di jajaran PTKIN Kementerian Agama.

“Selain itu, kegiatan kali ini juga bertujuan untuk memilih pengurus baru dari Forum Wakil Rektor dan Wakil Ketua II PTKIN se-Indonesia,” ucapnya.

FGD Forum Wakil Rektor II / Wakil Ketua II PTKIN se-Indonesia yang diikuti 44 kampus di bawah Kementerian Agama ini menghadirkan Kepala Biro Ortala Kementerian Agama, Drs. H. Afrizal Zein, M.Si, sebagai narasumber utama. Acara pembukaan FGD juga diikuti segenap jajaran pejabat dan Dosen di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her).

Share this post