Civitas Akademik Diminta Dukung Visitasi Akreditasi PGMI

Civitas Akademik Diminta Dukung Visitasi Akreditasi PGMI

(Jayapura,  2 Februari 2018) – Civitas Akademik harus mendukung seluruh upaya untuk mensukseskan akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAIN Al-Fatah Jayapura. Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura M Dahlan Sain, SAg, MM, mewakili Ketua menyampaikan hal ini pada pembukaan Visitasi Akreditasi Prodi PGMI oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Aula kampus, 2 Februari 2018.

Dr Fauzan, MA, M Dahlan Sain, dan Dr, Udik Budi Wibowo

Dr Fauzan, MA, M Dahlan Sain, dan Dr, Udik Budi Wibowo

“Nilai akreditasi dari sebuah program studi akan menentukan kualitas dari prodi tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, dengan terakreditasinya sebuah program studi di perguruan tinggi, maka akan berdampak positif terhadap lulusan dari kampus yang bersangkutan.

“Saat ini sudah banyak dunia usaha baik yang formal maupun non formal selalu memberi perhatian pada akreditasi prodi dari calon pelamar kerja,” ucapnya.

Apalagi, sambungnya, saat ini sudah banyak aplikasi dan sistem online yang dipakai perusahaan untuk mendapatkan data valid dari lulusan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Maka dari itu, ia meminta seluruh unsur akademik untuk siap mendukung dan mensukseskan tercapainya akreditasi Prodi PGMI tersebut.

Pada bagian yang sama, Assesor BAN-PT, Dr. Fauzan, MA mengungkapkan bahwa sukses tidaknya visitasi akreditasi tergantung dari kesiapan tim yang ada di kampus STAIN Al-Fatah Jayapura.

Sesi wawancara dengan mahasiswa

Sesi wawancara dengan mahasiswa

“Kami ingin sampaikan bahwa kedatangan kami bukan untuk langsung memberikan penilaian terhadap Prodi PGMI,’ katanya.

Menurut Fauzan, pihaknya akan memeriksa dan mendapatkan data-data untuk kemudian disampaikan kepada BAN-PT.

“Apa yang menjadi persyaratan untuk mendapatkan akreditasi itulah yang harus disiapkan Bapak Ibu sekalian, termasuk kelengkapan dokumen-dokumen agar kami dapat melaporkannya,” jelasnya.

Maka, dokumen dan data yang lengkap juga akan mempercepat serta memudahkan proses akreditasi pada Prodi yang bersangkutan.

Assesor BAN-PT yang lain, Dr. Udik Budi Wibowo, MPd, mengingatkan, akan ada sesi wawancara dengan dosen dan para mahasiswa untuk melengkapi data-data dari visitasi.

“Hendaknya ini juga disiapkan untuk kelancaran proses visitasi,” pungkasnya.

Pembukaan visitasi akreditasi ini dihadiri unsur pimpinan, pejabat, dan kepala unit di lingkungan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Share this post