Monthly Archives: May 2018

Kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua Raih Penghargaan dalam Ajang PW

(Jayapura 15 Mei 2018) – Kontingen Pramuka Racana Cycloop Jayawijaya dari IAIN Fattahul Muluk Papua meraih beberapa penghargaan dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) XIV di Pekanbaru Riau, 2-10 Mei 2018. Pendamping putri Siti Rokhmah, M.Pd mengatakan, mereka mendapat dua penghargaan dalam kategori Kuliner Tersehat dan Defile Terheboh.

“Ada banyak kategori dalam kegiatan PW kali ini, di antaranya Defile kontingen dan Festival Masakan Nusantara atau sesi kuliner, alhamdulillah kami mendapat penghargaan di dua kategori tersebut,” ujarnya.

Defile kontingen, lanjutnya, digelar pada saat kegiatan pembukaan PW pada tanggal 3 Mei 2018 di lapangan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. Sedangkan Festival Masakan Nusantara digelar pada hari ke delapan pelaksanaan PW di Pusat Kegiatan mahasiswa UIN Suska Riau.

“Dengan penghargaan ini membuktikan bahwa kami dari ujung timur Indonesia juga mampu mempersembahkan yang terbaik dalam kegiatan Pramuka yang berskala nasional,” urainya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memberi ucapan selamat kepada Kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memberi ucapan selamat kepada Kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua

Sementara itu, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengingatkan agar penghargaan ini tidak membuat peserta PW lupa diri.

“Boleh berbangga hati, namun jangan berlebihan, karena esensi utama kegiatan kepramukaan bukan untuk mendapat penghargaan tetapi adalah semangat untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara,” pesannya.

Ia meminta agar para peserta dapat mengambil pelajaran berharga dari kontingen lain pada kegiatan Perkemahan Wirakarya ini.

Sebanyak 20 Racana putra dan putri dari IAIN Fattahul Muluk Papua mengikuti gelaran PW di Pekanbaru selama delapan hari. Kegiatan Perkemahan Wirakarya juga diisi dengan bakti sosial ke berbagai desa di wilayah Provinsi Riau, praktek ajar bagi pendamping, outbond, dan berbagai games.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) merupakan kegiatan kepramukaan yang digelar tiap dua tahun sekali. Kegiatan ini melibatkan pramuka dari berbagai perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama R.I., dan juga pramuka lain (Scout) dari negara sahabat.  (Her).