Monthly Archives: August 2017

Mahasiswa Harus Jaga Diri Dan Menghindari Gerakan Radikalisme

(Jayapura,  29 Agustus 2017) –  Mahasiswa diharapkan mampu menjaga diri dan menghindari gerakan radikalisme yang sedang berkembang di berbagai tempat. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam sambutannya pada Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PABK) di Laboratorium Ibadah Kampus, Selasa 29 Agustus 2017.

Ketua memberi sambutan

Ketua memberi sambutan

“Ingat, sudah banyak gerakan-gerakan yang berbahaya dan dapat merusak persatuan bangsa dan negara Indonesia,” papar Ketua.

Ia menjelaskan bahwa paham atau pemikiran radikalisme sering menjalar ke usia-usia produktif seperti pelajar dan mahasiswa.

“Untuk itulah, dalam berbagai kegiatan di kampus, saya selalu mengingatkan agar kita sama-sama waspada agar tidak terjebak dengan paham-paham yang radikal seperti itu,” ujarnya.

Kata Ketua, sebagai calon pemimpin masa depan, mahasiswa harus menjalani aktifitas perkuliahan dengan baik tanpa terpengaruh dengan ajakan aksi-aksi radikalisme baik di dalam maupun di luar kampus.

Dalam pesannya, Idrus Al-Hamid meminta kepada para calon mahasiswa untuk mengedepankan etika akademik dalam pergaulan sehari-hari.

IMG_3402“Ya kalian harus jaga komunikasi, bagaimana berbicara dan bersikap dengan kakak tingkat, begitu juga sebaliknya,” urainya.

Pada bagian yang sama, Penanggungjawab PABK Talabudin Umkabu, S.Ag, M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan PABK diikuti 387 mahasiswa baru dari Jurusan Tarbiyah dan Jurusan Syariah.

“Kami meminta adik-adik untuk konsisten mengikuti kegiatan ini dan mematuhi semua arahan serta bimbingan dari kakak-kakak panita PABK,” katanya.

Kegiatan PABK yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan materi pengenalan kondisi kampus dan berbagai materi akademik dari unsur pejabat struktural di STAIN Al-Fatah Jayapura.

Pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan juga dihadiri unsur pejabat, dosen dan pegawai STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

PKL Mahasiswa Tidak Sekedar Penerapan Teori Kuliah

(Jayapura, 18 Agustus 2017) –  Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa tidak sekedar penerapan teori dalam kuliah tetapi merupakan penerapan dari ilmu yang telah dipelajari di dunia nyata. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menyatakan hal ini dalam pembekalan PKL Mahasiswa Jurusan Syariah 18 Agustus 2017 di Laboratorium Multimedia.

“Ingat, apa yang sudah adik-adik pelajari sejak semester pertama menginjak bangku kuliah ini, saat inilah akan anda terapkan prakteknya di dunia kerja,” ujar Ketua.

Ketua STAIN Al-Fatah Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si

Ketua STAIN Al-Fatah Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si

Menurutnya, matakuliah PKL adalah implementasi dari nilai-nilai akademik mahasiswa selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

“Anda akan menemui suasana baru di tempat kerja yang sesungguhnya, segeralah beradaptasi dengan cepat,” pesan Ketua.

Kata Ketua, ada beberapa lembaga yang sudah bekerjasama dengan kampus STAIN Al-Fatah Jayapura dalam penempatan mahasiswa PKL. Salah satu diantaranya adalah Lembaga Pengadilan Tinggi Agama Kota Jayapura. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua PTA Abdul Rozak hadir sebagai pemateri yang memberikan pembekalan kepada para mahasiswa.

Pada bagian akhir pembekalan PKL, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura meminta agar para mahasiswa menjalankan kegiatan PKL dengan sungguh-sungguh dan disiplin.

IMG_2728

“Ingat, setiap matakuliah yang sudah anda jalani akan diinput masuk dalam database nasional bernama PDPT atau Pangkalan Data Perguruan Tinggi, dari situlah nanti akan dilihat mana yang sudah diikuti dan belum. Dan ini akan menjadi penentu keluar tidaknya ijazah kalian pada akhir kuliah nanti,” tegas Ketua.

Ia meminta para mahasiswa memberikan kemampuan terbaiknya dalam kegiatan PKL di perusahaan atau kantor yang telah ditentukan.

Ketua Panitia PKL Mahasiswa Jurusan Syariah Sugimin, M.HI mengatakan, PKL diikuti 32 mahasiswa dari Prodi Muamalah dan Prodi Akhwalu Syakhsiyah, yang akan ditempatkan di 10 kantor atau perusahaan yang telah bekerjasama dengan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Peringatan HUT RI Jadikan Momentum Penangkal Gerakan Radikalisme

(Jayapura,  18 Agustus 2017) –  Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hendaknya dijadikan semua pihak sebagai momentum menangkal gerakan radikalisme.

Ketua STAIN Al-Fatah, Dr. H. Idrus Al-Hamid, M.Si

Ketua STAIN Al-Fatah, Dr. H. Idrus Al-Hamid, M.Si

Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menyampaikan hal ini dalam amanatnya selaku Inspektur Upacara HUT RI ke-72 di Halaman Rektorat kampus, Kamis 17 Agustus 2017.

“Saya meminta kita semua khususnya kalangan mahasiswa untuk mewaspadai berkembangnya paham-paham radikalisme yang juga menyebar di kalangan pemuda,” ujar Ketua.

Mencintai tanah air, lanjut Ketua, juga merupakan bagian dari keimanan seseorang. Karena itu, ia mengharapkan seluruh civitas akademik untuk mempererat rasa persatuan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam masa sekarang, tegasnya, memaknai kemerdekaan tidak hanya membebaskan kita dari penjajahan, tetapi juga mendorong kita untuk mampu berbuat lebih baik kepada sesama umat manusia, bangsa dan negara.

IMG_2531“Karenanya, marilah kita bekerja keras membangun kehidupan akademik yang baik, untuk masa depan kita bersama,” sambungnya.

Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 juga diisi dengan penyerahan hadiah kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi dalam berbagai bidang, di antaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah pada kegiatan PIONIR se-Indonesia, Lomba Tilawah, Lomba Kumandang Adzan, dan berbagai lomba lain.

Upacara HUT RI ke-72 ini diikuti ratusan peserta upacara dari unsur pejabat, staf, dosen, mahasiswa, Pramuka, Dharma Wanita, serta tamu undangan lain. (Her)