Monthly Archives: September 2016

PKL Diharapkan Beri Pengalaman Praktis ke Mahasiswa

(Jayapura, 15 September 2016) – Penempatan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di berbagai instansi diharapkan dapat memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa. Ketua Panitia PKL Mahasiswa Prodi Syariah STAIN Al-Fatah Jayapura 2016 H. Baitur Rohman, SH, M.Hum menegaskan hal ini dalam arahan kepada mahasiswa pada kegiatan Pembekalan PKL di Rektorat kampus, Kamis 15 September 2016.

M Dahlan Sain didampingi H Baitur Rohman

M Dahlan Sain didampingi H Baitur Rohman

“Pengalaman praktis misalnya tentang aplikasi kepenghuluan di KUA dan praktek beracara perdata di Pengadilan Agama,” ujarnya.

Sedangkan untuk Prodi Muamalah, PKL diharapkan memberikan pengalaman praktis tentang aplikasi perbankan syariah, pegadaian syariah, dan lembaga asuransi baik yang bersifat praktik maupun pengamatan.

Kegiatan pembekalan yang digelar selama dua hari ini menghadirkan pemateri dari berbagai instansi seperti KUA, Pengadilan Agama, dan Bank Muamalat.

“Mahasiswa peserta PKL dari tanggal 19 September sampai 19 Desember 2016 akan ditempatkan di PA Kota Jayapura, KUA Distrik Heram, KUA Abepura, BMI Cabang Jayapura, BMI Unit Kotaraja, BSM Entrop, Pegadaian Syariah Youtefa, Pegadaian Syariah Perumnas I dan Asuransi Jiwasraya,” tambahnya.

Pada bagian yang sama, Wakil Ketua I M. Dahlan Sain, S.Ag, MM mewakili Ketua menyampaikan bahwa kegiatan PKL harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Ia meminta mahasiswa menunjukkan kemampuan dari pengetahuan yang sudah didapat selama ini.

“Ada 39 mahasiswa, dari Prodi Akhwalu AsSyakhsiyah sebanyak 14 orang dan Prodi Muamalah 25 orang,” kata Waket I.

Ia menambahkan, bentuk PKL bisa berupa latihan keterampilan kerja, kerja praktik, maupun simulasi yang dirangkum dalam sistem pemagangan.

“Ini semua untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalitas adik-adik dalam persiapan di dunia kerja nanti,” urainya.

Kegiatan Pembukaan Pembekalan PKL ini dihadiri unsur dosen dan pejabat di lingkungan STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

PKL Merupakan Matakuliah Wajib bagi Mahasiswa

(Jayapura, 1 September 2016) – Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan matakuliah wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa. Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura M. Dahlan Sain, S.Ag, MM, menegaskan hal ini dalam arahannya kepada puluhan mahasiswa calon peserta PKL pada acara Rapat Persiapan PKL Jurusan Syariah di Ruang Rapat Rektorat Kampus, Kamis 1 September 2016.

“Apalagi bagi kalian yang sudah masuk semester VII, maka harus segera mengurus berbagai persyaratan untuk dapat mengikuti PKL,” terangnya.

Sahudi, M Dahlan Sain, dan Baitur Rohman

Sahudi, M Dahlan Sain, dan Baitur Rohman

Dahlan menambahkan, ada beberapa kriteria atau persyaratan untuk mengikuti PKL, diantaranya; mahasiswa harus sudah menempuh 120 SKS dan sudah menempuh matakuliah wajib. “Contohnya, kalau di Tarbiyah, matakuliah wajibnya adalah Strategi Pembelajaran, demikian juga dengan jurusan lain pasti ada matakuliah wajibnya yang harus ditempuh dulu,” katanya.

Meskipun demikian, jika terlalu banyak matakuliah yang belum ditempuh, maka mahasiswa yang bersangkutan juga tidak dapat mengikuti PKL.

“Pengalaman tahun lalu, ada mahasiswa yang kurang sampai duapuluh matakuliah, tentu ini belum diperbolehkan ambil PKL,” terang Dahlan. Ia meminta kepada mahasiswa agar segera melengkapi berkas dan persyaratan agar bisa menempuh matakuliah PKL.

Pada bagian yang sama, Ketua Panitia PKL H. Baitur Rohman, SH, M.Hum, didampingi Sekretaris Panitia Sahudi, M.Pdi, M.HI, menjelaskan bahwa para mahasiswa Jurusan Syariah akan ditempatkan di berbagai lembaga seperti Kantor Urusan Agama (KUA), Pengadilan Agama, Pengadilan Tinggi Agama, Perbankan berbasis syariah, ataupun Pegadaian Syariah.

“Namun demikian tentu kami akan melakukan survey dulu untuk melihat kemungkinan penempatan tersebut,” urainya.

Calon Peserta PKL

Calon Peserta PKL

Ia berpesan kepada mahasiswa agar senantiasa berkomunikasi dengan panitia dalam rangka persiapan pelaksanaan PKL. “Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada proses administrasi yang terlewati di bagian akademik,” jelasnya.

PKL mahasiswa jurusan Syariah STAIN Al-Fatah Jayapura direncanakan akan berlangsung dari tanggal 19 September 2016 hingga 19 Desember 2016. Kegiatan rapat persiapan PKL ini diikuti 30 mahasiswa Prodi Akhwalu Al-Syakhsiyah dan Prodi Muamalah. (Her)