Monthly Archives: May 2016

STAIN Al-Fatah Ikuti Perkemahan Wirakarya Nasional XIII di Kendari

STAIN Al-Fatah Ikuti Perkemahan Wirakarya Nasional XIII di Kendari

(STAIN AL-Fatah Jayapura) Pramuka Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al-Fatah Jayapura mengikuti Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan se-Indonesia yang ke-13 di Kendari, 16 hingga 22 Mei 2016.
“Kegiatan ini adalah ajang bagi adik-adik Pramuka menunjukkan kemampuan survival di alam dan sekaligus memupuk jiwa social di tengah masyarakat,” ujar Ketua STAIN AL-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si dalam sambutan Upacara pelepasan kontingen di Halaman Rektorat kampus 13 Mei 2016.
“Tunjukkan bahwa kalian memiliki rasa persaudaraan yang baik saat membaur bersama kontingen lain dari seluruh nusantara,” tambahnya.
Ketua meminta agar para peserta selalu menjaga sopan santun dan etika dalam pergaulan di lingkungan perkemahan.
“Di sana ada banyak peserta dari berbagai daerah yang adatnya berbeda, ada juga peserta perwakilan dari Negara lain, maka kalian harus menjaga toleransi dan membina hubungan baik dengan seluruh warga perkemahan,” pesan Ketua.
Ketua berharap, para peserta PW bisa mengambil nilai-nilai positif dalam kegiatan kepramukaan dan kelak dapat menerapkannya di lingkungan kampus.
Dalam kegiatan PW kali ini, STAIN AL-Fatah Jayapura memberangkatkan 21 pramuka yang tergabung dalam Racana Cycloop Jayawijaya. Mereka terdiri sembilan Racana Putra, Sembilan Racana Putri, dua orang Bindamping dan satu orang Pinkon atau Pimpinan Kontingen.
Wakil Ketua III sekaligus Pinkon Racana Cycloop Jayawijaya Talabudin Umkabu, S.Ag, M.Pd mengatakan, materi dalam PW berisikan banyak kegiatan lapangan yang akan memberikan pengalaman berharga bagi peserta kontingen.
“Dari Bindamping ada materi sendiri, dari Racana masing-masing juga ada kegiatan sendiri,” ujarnya.
Ia mencontohkan, Bindamping akan mengikuti materi Sisdiklat, Diskusi Kepramukaan, Lobang Angsa, Open Forum, Pelantikan Pandega, dan lain-lain. Sedangkan Racana akan mengikuti Home Stay, Bakti social, Lomba Tilawah, Wawasan Jurnalistik, Penyuluhan Administrasi Gudep, Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan lain-lain.
“Semoga adik-adik kita mampu bersaing dan mendapatkan hasil positif dalam kegiatan ini,” harapnya.
Upacara pelepasan kontingen ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen Racana Cycloop Jayawijaya ke Pinkon yang disaksikan civitas akademik STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)

Raker Diharapkan Tingkatkan Kemampuan SDM di Semua Bidang

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Salah satu tujuan rapat kerja (Raker) adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pada semua bidang kerja di institusi tempat dia mengabdi. Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam pembukaan Raker STAIN Al-Fatah Jayapura dengan tema ‘Revitalisasi Budaya Kerja Menuju Birokrat Yang Unggul dan Berwawasan Global’ di Hotel CoreInn, Kabupaten Merauke, 5 Mei 2016.

Ketua STAIN Al-Fatah Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si

Ketua STAIN Al-Fatah Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si

“Ingat lima budaya kerja yang selalu disampaikan Bapak Menteri Agama kita, ini bisa memberikan perubahan positif pada sistem pelayanan kepada masyarakat maupun kepada mahasiswa dan unsur-unsur lain yang terkait,” kata Ketua.

Menurut Ketua, dengan diterimanya tunjangan kinerja aparatur Kemeterian Agama di STAIN Al-Fatah Jayapura, maka setiap dosen dan pegawai harus mampu mempertanggungjawabkan apa yang telah diterima.

“Sehingga dengan Raker ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dalam  melaksanakan tugas tersebut,” tambah Ketua.

Dalam raker ini, Ketua STAIN Al-Fatah Jayapura menyampaikan terimakasih dan salut kepada Rektor IAIN Jember Prof. Dr. H. Babun Suharto, MM dan Rektor IAIN Palangkaraya Dr. H. Ibnu Elmi, A.S. Pelu, SH, MH yang hadir untuk memberikan materi kepada segenap civitas akademik.

Rektor IAIN Palangkaraya, Dr. H. Babun Suharto, MH

Rektor IAIN Palangkaraya, Dr. H. Ibnu Elmi, MH

Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, MM

Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, MM

“Prof Babun ini terkenal dengan ide KKN atau Kuliah Kerja Nyata Lintas Nusantara antara mahasiswa di dua kampus yang berbeda, yang mana prakarsa beliau menjadi contoh nasional,” ujarnya disambut aplaus peserta.

Kata Ketua, kegiatan positif semacam ini mampu memberikan gambaran bahwa pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan secara bersama-sama antara kampus yang berbeda propinsi.

“Kami juga bangga dan berterimakasih pada Bapak Rektor IAIN Palangkaraya yang siap memberikan arahan seputar penyusunan renstra, renop, dan strategi lain dalam peningkatan kualitas SDM di STAIN Al-Fatah Jayapura,” jelas Ketua.

Raker yang berlangsung hingga tanggal 8 Mei 2016 ini diikuti empatpuluh peserta yang merupakan civitas akademik STAIN Al-Fatah Jayapura. (Her)