Monthly Archives: February 2016

Kemah Religius Jadi Sarana Pembinaan Kreatifitas Siswa

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Kegiatan Kemah Religius merupakan salah satu sarana pembinaan kreatifitas untuk membentuk karakter positif pada siswa-siswi Pramuka setingkat SMA. Wakil Ketua I STAIN Al-Fatah Jayapura mewakili Ketua selaku KaMabigus menyampaikan hal ini pada upacara pembukaan Camp Religi Creativity Halaman Kampus, 19 Februari 2016.

“Selain itu, kegiatan ini juga dapat membina peningkatan moral adik-adik sekalian,” ujar Waket I di hadapan ratusan para peserta.

Kata Waket I, kegiatan ini dirangkaikan dengan Raimuna Kwartir Heram tahun 2016.

M Dahlan Sain memukul tifa menandai pembukaan Kemah Religius

M Dahlan Sain memukul tifa menandai pembukaan Kemah Religius

“Pramuka harus menjadi kegiatan ekstrakurikuler di tiap sekolah karena ini memang sudah ada payung hukumnya,” ujar Dahlan.

Ia menyebutkan, kegiatan Pramuka ini telah diatur dalam UU No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri.

“Maka dari itu, kegiatan ini tidak hanya di sekolah tertentu, tetapi seyogyanya ada di semua sekolah,” tambahnya.

Ia berpesan, agar peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ketua Camp Religi Creativity Subagio menuturkan, kegiatan ini diisi dengan lomba Tilawatil Quran, Fashion Show, DAI Muda, Pionering, Wawasan Kesehatan Reproduksi Remaja, dan kegiatan positif lain. Para peserta terdiri dari Pramuka Tingkat Penegak yang berpangkalan di Gugus Depan se-Kota Jayapura, yang dilangsungkan pada tanggal 19 hingga 21 Februari 2016 di areal STAIN Al-Fatah Jayapura.

“Kegiatan ini memiliki banyak tujuan positif, diantaranya, mempererat silaturahmi dan persaudaraan di antara anggota Pramuka se-Kota Jayapura, meningkatkan kreatifitas dan solidaritas, dan upaya membentuk prestasi bagi calon pemimpin bangsa di masa depan,” jelasnya.

Upacara Pembukaan Kemah Religius ini dihadiri puluhan undangan dari berbagai stakeholder di Kota Jayapura. (Her)

ASN Harus Selalu Siap Berikan Pelayanan Terbaik

(STAIN Al-Fatah Jayapura) Aparatur Sipil Negara (ASN) harus selalu siap memberikan pelayanan terbaik dalam setiap kegiatan di instansi tempat dia berkerja. Wakil Ketua II STAIN Al-Fatah Jayapura H. Musa Rumbaru, SH, MH menegaskan hal ini dalam amanatnya sebagai Pembina Apel KORPRI, 17 Februari 2016, di Halaman Rektorat Kampus.

“Apakah dia yang datang tamu dari luar, ataupun dari kalangan sendiri, kita harus siap selalu memberikan pelayanan yang terbaik di setiap unit,” ujarnya.

H Musa Rumbaru

H Musa Rumbaru

Apalagi, lanjutnya, STAIN Al-Fatah Jayapura akan menyelenggarakan Kemah Religius pada tanggal 19 sampai 21 Februari 2016 bekerjasama dengan Pramuka Kwartir Ranting Heram. Kegiatan ini akan diikuti siswa dan siswi setingkat SMA maupun MA se-Kota Jayapura. Kemah Religius ini akan diisi dengan berbagai lomba seperti pidato, debat, MTQ, maupun lomba lain.

“Kita harus tunjukkan bahwa lingkungan di kampus ini selalu siap menerima setiap aktifitas dari berbagai pihak untuk kemajuan dan pengembangan di bidang pendidikan,” tambahnya.

Waket II menyampaikan, keindahan pemandangan di kampus STAIN Al-Fatah Jayapura harus diiringi dengan kesigapan penghuninya dalam menyambut kedatangan tamu yang akan menyelenggarakan berbagai kegiatan akademis di kampus.

Pada bagian lain, Musa Rumbaru juga mengingatkan kepada setiap pegawai dan pejabat untuk memantau perkembangan terbaru dari peraturan atau produk hukum di lingkup Kementerian Agama.

“Jadi, supaya kita bekerja selalu sesuai aturan yang terbaru, jangan sampai kita bekerja tapi menabrak aturan di sana-sini, itu bisa celaka duabelas,” kelakarnya.

Ia meminta agar pejabat senantiasa mempelajari aturan-aturan baru terkait administrasi, keuangan, maupun bidang lainnya.

Pada bagian akhir amanatnya, Waket II juga mengajak semua pihak untuk memberi dukungan kepada upaya kampus dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dosen.

“Saat ini, ada beberapa dosen kita sedang berupaya untuk menempuh pendidikan Doktor di berbagai kampus di luar, kiranya nanti akan memberi nilai tambah bagi mutu pendidikan di STAIN Al-Fatah Jayapura,” terangnya.

Apel KORPI yang berlangsung sekitar 30 menit ini diikuti puluhan pegawai, dosen, dan Satuan Pengaman Kampus. (Her)

Kunjungan Sekjen Kemenag R.I., Prof. Dr. Nur Syam, M.Si

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama R.I, Prof. Dr. H. Nur Syam, M.Si mengunjungi kampus STAIN Al-Fatah Jayapura dalam kegiatan Focus Group Discussion untuk memberikan materi penguatan persiapan alih status STAIN menjadi IAIN. Selain ke kampus STAIN Al-Fatah, Sekjen juga mengunjungi Pondok Pesantren Al-Muttaqin di Waena, dan memberikan materi di hadapan pegawai Kementerian Agama se-Kanwil Papua di Hotel Grand Abe, Abepura, Jayapura, 30 Januari 2016. Berikut foto-foto kegiatannya;

Sekjen tiba di Bandara Sentani

Sekjen tiba di Bandara Sentani

IMG_0039

IMG_0048

Sekjen mengunjungi Ponpes Al-Muttaqin

Sekjen mengunjungi Ponpes Al-Muttaqin

IMG_0080

IMG_0086

Sekjen di Kampus STAIN Al-Fatah

Sekjen di Kampus STAIN Al-Fatah

IMG_0126

IMG_9979

IMG_0018

IMG_0028 (2)

IMG_0054 (2)