Author: andikweb

Kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua Raih Penghargaan dalam Ajang PW

(Jayapura 15 Mei 2018) – Kontingen Pramuka Racana Cycloop Jayawijaya dari IAIN Fattahul Muluk Papua meraih beberapa penghargaan dalam kegiatan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) XIV di Pekanbaru Riau, 2-10 Mei 2018. Pendamping putri Siti Rokhmah, M.Pd mengatakan, mereka mendapat dua penghargaan dalam kategori Kuliner Tersehat dan Defile Terheboh.

“Ada banyak kategori dalam kegiatan PW kali ini, di antaranya Defile kontingen dan Festival Masakan Nusantara atau sesi kuliner, alhamdulillah kami mendapat penghargaan di dua kategori tersebut,” ujarnya.

Defile kontingen, lanjutnya, digelar pada saat kegiatan pembukaan PW pada tanggal 3 Mei 2018 di lapangan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. Sedangkan Festival Masakan Nusantara digelar pada hari ke delapan pelaksanaan PW di Pusat Kegiatan mahasiswa UIN Suska Riau.

“Dengan penghargaan ini membuktikan bahwa kami dari ujung timur Indonesia juga mampu mempersembahkan yang terbaik dalam kegiatan Pramuka yang berskala nasional,” urainya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memberi ucapan selamat kepada Kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin memberi ucapan selamat kepada Kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua

Sementara itu, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Al-Hamid, S.Ag, M.Si mengingatkan agar penghargaan ini tidak membuat peserta PW lupa diri.

“Boleh berbangga hati, namun jangan berlebihan, karena esensi utama kegiatan kepramukaan bukan untuk mendapat penghargaan tetapi adalah semangat untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara,” pesannya.

Ia meminta agar para peserta dapat mengambil pelajaran berharga dari kontingen lain pada kegiatan Perkemahan Wirakarya ini.

Sebanyak 20 Racana putra dan putri dari IAIN Fattahul Muluk Papua mengikuti gelaran PW di Pekanbaru selama delapan hari. Kegiatan Perkemahan Wirakarya juga diisi dengan bakti sosial ke berbagai desa di wilayah Provinsi Riau, praktek ajar bagi pendamping, outbond, dan berbagai games.

Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW-PTK) merupakan kegiatan kepramukaan yang digelar tiap dua tahun sekali. Kegiatan ini melibatkan pramuka dari berbagai perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama R.I., dan juga pramuka lain (Scout) dari negara sahabat.  (Her).

Minat Baca Generasi Muda Papua Jangan Kalah Dari Wilayah Lain

(Jayapura 28 April 2018) – Minat baca pada generasi muda di Propinsi Papua hendaknya jangan sampai tertinggal dan kalah dari wilayah lain di Indonesia. Wakil Ketua III IAIN Fattahul Muluk Papua H. Talabudin Umkabu, M.Pd menyampaikanhal ini dalam kegiatan Sosialisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca, di Aula kampus, 28 April 2018.

Melki Rumbrawer

Melki Rumbrawer

“Dengan penguatan minat baca, kita harapkan ada output yang berkualitas dari generasi muda di Papua,” ujarnya.

Apalagi, tambahnya, kegiatan ini bersamaan dengan moment perubahan alih status STAIN Al-Fatah Jayapua menjadi IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Ini momen yang tepat untuk menerapkan semangat perubahan yang lebih baik, untuk menumbuhkan karakter yang positif dalam mencari wawasan,” jelasnya.

Pada bagian yang sama, Kepala Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Agung Budiono, S.Sos menyampaikan bahwa minat baca tidak dapat tumbuh begitu saja dari dalam diri seseorang, tetapi harus melalui proses yang panjang.

“Dari situ ada tahapan perubahan yang nanti akan muncul secara teratur dan berkesinambungan,” lanjutnya.

Namun demikian, tambah Agung, ada faktor yang dapat menghambat minat baca seseorang di jaman sekarang.

“Sekarang ini orang lebih senang menikmati audio visual dibandingkan membaca, di sinilah pentingnya peran keluarga dan lembaga pendidikan yang memiliki atmosfir untuk mendorong adik-adik mahasiswa  memiliki minat baca yang kuat,” ungkap Agung.

Ia menambahkan bahwa salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan mengenalkan tujuan membaca dan promosi perpustakaan melalui media cetak maupun elektronik.

“Melalui sosialisasi ini saya harap kepada peserta dapat melahirkan komitmen untuk dapat mendorong minat baca kepada adik-adik mahasiswa agar dapat melahirkan anak bangsa yg cerdas dan berkualitas,” harapnya.

Kegiatan yang diikuti puluhan mahasiswa ini diisi oleh pemateri-pemateri pustakawan senior di Papua, diantaranya Melki Rumbrawer, M.Si dari Universitas Cenderawasih, dan Tuwaji, M.Si dari IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her).